Kamis, 11 April 2013

CLASS DIAGRAM (Business Driven Technology)


Alur : Sebuah Supermarket A ingin menjual barang kepada pelanggannya. Barang – Barang yang dijual akan diatur dan dicatat oleh Bagian Penjualan .Disini Bagian Penjualan adalah Kasir. Kasir akan membuat Form Penjualan yang berisi catatan tentang barang yang dibeli oleh pelanggan. Lalu Dari Form Penjualan itu akan dibuat bukti pembayaran 2 rangkap yang diberikan ke pelanggan dan disimpan. Lalu bukti pembayaran yang sudah terkumpul dari hasil penjualan barang akan dibuat laporan penjualan yang nantinya akan diberikan ke manager.

Prosedur :
1)      Buat Table Form_Penjualan yang menjadi pusat penjualan yang terhubung ke banyak table. Atributnya ada ID_Form_Penjualan dan Tanggal_Form_Penjualan dan juga Berisi Primary Key dari table lainnya seperti Table Pelanggan yaitu ID_Pelanggan , Table Barang yaitu ID_Barang dan Table Kasir yaitu ID_Kasir.
2)      Buat Table Pelanggan yang dihubungan ke Table Form_Penjualan. Pelanggan adalah orang yang mau membeli barang di supermarket. Atribut nya ID_Pelanggan, Nama_Pelanggan, Alamat, No.Telepon dan Email.
3)      Buat Table Barang yang dihubungkan ke Table Form_Penjualan. Tetapi di antara Table Barang dan Table Form_Penjualan ada Table Detail_Barang. Saya membuat Table Detail_Barang karena barang yang dijual bermacam-macam jenis, seperti elektronik , peralatan rumah tangga, sampai sayuran , buah dan makanan lainnya. Atribut dari Table Barang adalah ID_Barang. Nama_Barang, Jenis_Barang, Stock dan Harga. Dan Atribut dari Table Detail_Barang adalah ID_Barang dan ID_Form_Penjualan.
4)      Buat Table Kasir yang dihubungkan ke Table Form_Penjualan. Kasir adalah orang yang mencatat barang apa saja yang akan dibeli oleh pelanggan. Atribut dari kasir adalah ID_Kasir, Nama_Kasir dan Jenis kelamin.
5)      Buat Table Bukti_Pembayaran yang dihubungkan ke Table Form_Penjualan.  Kasir yang membuat bukti pembayaran ini, sebanyak 2 rangkap. Yang nantinya diberikan ke pelanggan dan disimpan sebagai bahan membuat laporan penjualan. Atributnya adalah ID_Bukti Pembayaran, Total_Pembayaran, Jenis_Pembayaran, dan Tanggal_Pembayaran. Primary Key nya adalah dari Table Form_Penjualan yaitu ID_Form_Penjualan.
6)      Buat Table Laporan_Penjualan yang dihubungkan ke Table Form_Penjualan , Berisi Semua Barang yang sudah di jual ke pelanggan yang di ambil dari bukti pembayaran. Yang nantinya akan diberikan kepada manager. Atributnya adalah ID_Laporan_Penjualan dan Tanggal Laporan_Penjualan . Primary Key nya adalah dari Table Bukti_Pembayaran yaitu ID_Pembayaran.
7)      Tambahkan Multiplicity pada Masing-masing Table. Hubungan nya antara (1..1) dan (1..*)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar