Senin, 07 Januari 2013

Smart Card

Kemajuan teknologi saat ini membuat kita harus berpikir lebih untuk memanfaatkan semua fasilitas yang telah disediakan dan atau menciptakan yang lebih baik dari yang telah ada. Pesatnya penggunaan internet saat ini dapat kita manfaatkan untuk lahan berbisnis yang  subur, atau yang disebut dengan e-Commerce.

Masih banyak nya kendala-kendala yang muncul membuat orang terkadang kurang tertarik untuk berbelanja ataupun membeli melalui e-Commerce.
Beberapa kendalanya:
1.Kurangnya kepercayaan konsumen.
2.Pembayaran yang sulit dilakukan misalnya, menggunakan bank hanya senin- jumat (bagi yang tidak memiliki ATM), atau lokasi ATM yang jauh dari rumah.
3.Kesulitan memperoleh informasi tentang ongkos kirim.

Smart terdiri dari beberapa jenis :
1. Memory cards, jenis ini berfungsi untuk menyimpan data, tidak memiliki processor atau sistem keamanan yang canggih hanya memiliki perlindungan fisik.
2. Memory protected cards, jenis ini mempunyai sistem keamanan yang lebih canggih daripada memory cards, misalnya adanya password untuk mengakses smartcard.
 3. Microprocessor cards, jenis ini memiliki processor sehingga dapat melakukan komputasi walaupun terbatas,misalnya mengorganisasikan file yang dilindungi password.
4. Java cards, jenis ini dilengkapi Java Virtual Machine sehingga dapat berbagai program dimasukkan kedalamnya.
5. Public key cards, jenis ini mendukung public key cryptography (kriptografi asimetris) jadi proses enkripsi/dekripsi dapat dilakukan secara internal dan dapat menyimpan key.

Penggunaan smartcard pada transaksi E-Commerce adalah sebagai berikut:
Pada saat pembeli melakukan tranksaksi di sebuah situs E-Commerce, ia akan menyerahkan kartu kreditnya kepada penjual(Virtual Point of Sale). Penyerahan kartu kredit tidak dilakukan secara fisik, tetapi melalui smartcard (Virtual/Physical Smart Card). Melalui smartcard pembeli akan mengirimkan informasi tentang kartu kredit yang dibutuhkan oleh penjual, lalu selanjutnya akan dilakukan otorisasi oleh bank (Virtual Acquirer/Payment Gateway) terhadap informasi yang diperoleh penjual, kemudian penjual akan mengirimkan jumlah tranksasi yang dilakukan pembeli kepada bank. Dan oleh pihak bank akan dikeluarkan tagihan bagi kartu kredit pembeli yang kemudian dibayarkan ke pihak penjual. Saat mengiriman informasi kartu kredit dengan smartcard kemanannya sudah terjamin, sebab smart card yang digunakan sudah memiliki Certification Authority (CA) atau pengabsahan digital tertentu, dimana CA ini nantinya akan memeriksa sertifikat digital dimana private key “direkatkan” yang gunanya untuk mendeskripsikan informasi kartu kredit yang dikirimkan pembeli.

Bahkan kini untuk mempermudah transaksi smart card untuk E-Commerce telah tersedia dalam bentuk software yaitu Virtual Smart Card. Dengan virtual smartcard, pembeli tidak perlu mengetikkan nomor kreditnya setiap kali melakukan transaksi, namun hanya tinggal menjalankan software ini, dengan menekan satu tombol tertentu saja.

Keunggulan smart card, antara lain:
kemudahan mengakses data, keamanan menyimpanan data, perlindungan data dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, serta fleksibilitas untuk dibawa dengan mudah dalam kegiatan sehari-hari.

Keterbatasan smartcard saat ini adalah dalam hal memori, tetapi tidak tertutup kemungkinan daya tampung memory smartcard akan bertambah besar nantinya, sehingga dapat menyimpan dan mengenkripsi data dalam jumlah yang lebih banyak.

Kelebihan smartcard, bagi masyarakat pengguna jasa E-Commerce (pembeli) dengan adanya smartcard sangat menolong saat melakukan transaksi sebab keamanan lebih terjamin. Sedangkan bagi penjual, teknologi smartcard akan meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap situs E-Commerce yang dikelolanya.

Kekurangan smartcard, saat ini masih mahal dan digunakan oleh kalangan tertentu saja, sehingga teknologi ini masihbelum dikenal oleh masyarakat luas.

Contoh Smart Card :
Tampak Depan












Tampak Belakang










Sumber : /http://epolebusiness.wordpress.com/2008/06/04/smart-card-dalam-e-commerce/
http://www.creativesolutionsaward.com/csa2/index.php?o=view/scc__smart_card_e-commerce_

1 komentar :

  1. Your post has given very valuable informations,keep posting the same informations like this always. our is an one of the Ecommerce Web Applications Development Company , located in bangalore. Providing Ecommerce development services to the clients across india, clients can contact fnt software solutions complaints for their queries.

    BalasHapus