Peranan e-Auction Dalam Pelelangan Barang dan atau Jasa
E-Auction adalah layanan
lelang electronic untuk penjualan (forward auction) dan pengadaan (reverse
auction) barang antar perusahaan (Business to Business) berbasis web
(internet).
Layanan e-Auction merupakan bagian dari layanan e-procurement, dapat diakses
melalui situs www.jalintrade.com.
Layanan e-Auction mulai beroperasi pada akhir
2002. Secara bertahap modul-modul e-auction dilengkapi dengan modul-modul baru
sesuai dengan perkembangan kebutuhan pasar. Modul lengkap e-procurement (dimana
auction termsuk di dalamnya) sudah siap pada akhir 2004.
Penyelenggaraan suatu event e-Auction melibatkan :
Originator : Pembeli sekaligus sebagai penyelenggara Event Auction.
Bidder : Suplier yang diundang oleh Originator untuk mengikuti suatu event
auction.
Originator membuat persiapan event auction
dari terminal yang dimilikinya dengan akses melalui internet. Pada saat
pelaksanaan event auction, suplier (Vendor) melalui terminal yang berada di
lokasi remote atau di ruang khusus bidding. Setiap kegiatan yang sedang
berlangsung dalam event e-auction tersebut dapat di monitor oleh Originator
melalui terminal yang berada dalam ruang kontrol.
Standar Layanan
E-auction memiliki standar layanan sebagai berikut :
Mampu menangani forward maupun reverse Auction.
Mampu menangani 8 jenis auction (English, Yankee, Multi Variable Bidding, etc.)
dengan variabel lelang beragam (price, delivery, warranty, etc ) sampai +/- 15 jenis
variabel atau lebih yang ditentukan sendiri panitia lelang.
Mampu menerbitkan report event auction segera setelah event selesai
dilaksanakan.
Mampu terhubung ke marketplace lainnya di dunia.
Web based.
BackgroundTeknologi
e-Auction menggunakan perangkat lunak berlisensi dari Commerce One (salah satu
provider layanan e-procurement/auction terkemuka di dunia. Untuk mengakomodasi
coverage layanan yang seluas mungkin dengan kemudahan akses, maka layanan
e-Auction dibuat berbasiskan web.
Segmentation,
Targetting, Positioning, Differentiation
Segmentasi :
Pelanggan e-Auction adalah perusahaan-perusahaan di Indonesia yang berminat
untuk mereduksi biaya proses pengadaan barang dan jasanya.. Perusahaan dari
berbagai sektor industri tersebut disegmentasikan dalam 3 (tiga) kelompok
berdasarkan besarnya anggaran pengadaannya dalam satu tahun, yaitu :
Small : anggaran <= USD 10.000.000
Medium : USD 10.000.000 < anggaran <= USD50.000.000
Large : Anggaran >= USD 50.000.000
Targetting :
Berkaitan dengan program pemerintah untuk menerapkan budaya ‘good corporate
governance’ di BUMN, maka target utama pelanggan e-Auction adalah BUMN-BUMN
besar, seperti Telkom, Garuda, Jasa Marga dll. Targetkan berikutnya adalah
perusahaan-perusahaan Minyak dan Gas dan juga institusi financial seperti Bank
Indonesia, Bank BNI dll.
Positioning :
Layanan e-Auction diposisikan sebagai layanan dengan coverage nasional dan
global yang dapat mengakomodasi berbagai macam jenis auction.
Differentiation :
Produk e-Auction mempunyai keunggulan yang membedakan layanannya dengan produk
sejenis, yaitu selain dapat melakukan forward dan reverse auction juga didukung
dengan 8 jenis auction (Yankee, English, English (No Ties), Open, Sealed,
Dynamic Sealed, Dutch, Multi Variable Bidding). Jumlah variable yang dapat
diakomodasi tidak terbatas (unlimited)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar